Aturan Terkait Review Submission Academy Dicoding

Dicoding memiliki tipe kelas yang menyediakan submission sebagai syarat kelulusan kelas. Peserta wajib menyelesaikan submission yang ada di kelasnya untuk mendapatkan tanda/sertifikat kelulusan.

Submission akan diperiksa kembali dan dinilai oleh Tim Reviewer.

Tim Reviewer bertugas mengevaluasi tiap submission selambatnya dalam waktu 3 x 24 jam pada hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur lainnya).

Waktu belajar Anda akan otomatis bertambah di akhir, hanya jika submission direview tepat atau lebih dari 1×24 jam. Pertambahan waktu ini adalah pengembalian dari sisa waktu belajar Anda saat mengumpulkan submission.

Jika peserta mengikuti lebih dari 1 tipe kelas yang menyediakan modul submission, maka peserta dapat melakukan submit submission (mengumpulkan submission) satu per satu.

Contoh:

  1. Jika peserta submit di kelas A, dan submissionnya masih dalam masa tunggu (review),  peserta sangat tidak disarankan untuk submit ulang di kelas yang sama. Karena akan membatalkan submission sebelumnya dan submission yang baru menjadi terupload. Hal ini membuat proses review akan semakin lama.
  2. Jika peserta telah submit tugas di kelas A, dan submissionnya masih dalam masa tunggu (review), peserta tidak dapat submit submission di kelas B. Peserta wajib menunggu hingga submission kelas A selesai direview, baru bisa submit di kelas B.
  3. Jika submission telah di acc, maka peserta tidak dapat mengirimkan kembali submissionnya.

Submission peserta yang ditolak akan otomatis tidak mendapatkan rating atau bintang penilaian dari reviewer.

Peserta dapat melakukan banding jika merasa tidak setuju/puas terhadap hasil review, dengan membalas email dari notifikasi hasil review yang telah didapatkan.

Perlu diingat bahwa peserta belum dapat lanjut ke modul berikutnya jika status submission belum selesai direview dan diterima oleh Reviewer. Hal ini dikarenakan aturan modul Dicoding memastikan peserta harus lulus dan memahami setiap materi submission atau checkpoint sebelum dapat lanjut ke materi untuk submission berikutnya.

Share this:

Program Operations Dicoding | www.dicoding.com