Informasi Terkait Sertifikat Dicoding

Sertifikat Dicoding Academy

Dicoding menyediakan kelas-kelas yang akan memberikan sertifikat kelulusan sebagai tanda validasi peserta telah menyelesaikan kelas yang diikuti. Namun tidak semua tipe kelas memberikan sertifikat sebagai tanda lulus. Umumnya, semua kelas yang berstatus berbayar adalah tipe kelas yang pasti memberikan sertifikat kelulusan.

Lihat panduan ini untuk melakukan cetak sertifikat kelas.

Pada sertifikat kelulusan, terdapat masa berlaku yaitu selama 3 tahun sejak waktu kelulusannya. Jika sudah melewati masa berlaku tersebut, Developer dapat melakukan pembelian paket kelas dan hanya mengambil ujian/submission akhir kelas tersebut. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tim Dicoding.

Sertifikat Dicoding Event

Developer yang telah mendaftar dan hadir di Dicoding Event juga akan mendapatkan sertifikat, namun spesialnya adalah masa berlaku sertifikat event adalah seumur hidup. Lihat panduan ini untuk melakukan cetak sertifikat event.

Sertifikat Dicoding Challenge

Sementara itu Dicoding Challenge tidak menyediakan sertifikat, baik untuk finalis ataupun pemenang challenge. 

Jadi sertifikat hanya terdapat pada aktifitas Academy dan Event.

Semua sertifikat hanya di dapatkan dalam versi softcopy dan dikeluarkan hanya menggunakan versi Bahasa.

Sertifikat yang didapat dari website Dicoding telah resmi ditanda tangani oleh CEO Dicoding dan memiliki validitas dari sistem dengan terdapatnya unique ID sertifikat. Hal ini akan berguna jika Developer ingin membuat portfolio pada CV dan lainnya.

Informasi penting lainnya adalah Developer harus memeriksa kembali data yang diinputkan saat melakukan cetak sertifikat kelas atau event, karena data nama hanya tidak dapat diubah setelah sertifikat tercetak.

Share this: