Informasi tentang Ban Akun

Prosedur

Submission/tugas siswa adalah metode yang Dicoding terapkan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Saat mengerjakan submission/tugas, siswa harus mengerjakan secara mandiri tanpa melihat atau mengutip referensi apapun.

Tim reviewer Academy akan melakukan review hingga baris kode untuk setiap submission/tugas siswa dengan seksama. Reviewer dengan senang hati akan terus memberikan masukkan terhadap submission/tugas tanpa batasan jumlah penolakan.

Jika ditemukan plagiat maka reviewer akan langsung melakukan blokir terhadap akun tanpa kompromi. Saat mengikuti kelas Dicoding, setiap peserta telah menyetujui aturan pakai Dicoding https://www.dicoding.com/termsofuse termasuk konsekuensi terhadap plagiat.

Kriteria Plagiat

Kriteria plagiat adalah setidaknya memenuhi salah satu di antara poin berikut ini:

  • Mengirimkan project milik siswa lain.
  • Menyalin kode dari project siswa lain.
  • Memiliki kesamaan kode lebih dari 70%.

Jika akun diblokir, siswa dapat memberikan pembelaan via email ke info@dicoding.com. Jika Dicoding merasa perlu untuk menanggapi pembelaan, maka tanggapan tersebut hanya akan dikirim dalam tempo paling lambat 7 hari kerja pasca email pembelaan siswa.

Konsekuensi

Pada akhirnya segala keputusan terkait blokir akun adalah hak mutlak Dicoding. Akun yang telah diblokir tidak dapat diakses kembali secara permanen dan seluruh portofolio akan hangus. Kejujuran adalah modal utama untuk mendapatkan keberkahan ilmu dan rejeki.

Share this: