Bagaimana aturan deadline Academy?

Setiap kelas di Dicoding memiliki batas waktu pembelajaran/deadline. Batas waktu pembelajaran/deadline adalah tempo/durasi maksimal yang diberikan kepada peserta untuk mengerjakan kelas hingga tuntas.

Penentuan lamanya deadline ini adalah hasil riset mendalam kami. Deadline tersebut dipastikan cukup jika peserta mengerjakan kelas sedikitnya selama 3-5 jam per hari, atau 20-30 jam per minggu. Bahkan cukup banyak lulusan kelas Dicoding yang mampu menyelesaikan sebelum deadline.

Telah kami jelaskan sebelumnya bahwa peserta wajib menyelesaikan beberapa submission hingga mencapai final project. Reviewer kami akan mengevaluasi tiap submission selambatnya dalam waktu 3 x 24 jam pada hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur lainnya).

Waktu belajar Anda akan otomatis bertambah diakhir, hanya jika submission direview tepat atau lebih dari 1×24 jam. Pertambahan waktu ini adalah pengembalian dari sisa waktu belajar Anda saat mengumpulkan submission.

Tipe Kelas Berbayar

Bagaimana jika peserta belum dapat menyelesaikan (lulus) hingga deadline kelas? Sayangnya sistem akan  otomatis men-dropout peserta dari kelas. Peserta pun tidak dapat lanjut belajar. Peserta dapat lanjut belajar dari modul terakhir yang dipelajari, saat sudah melakukan pembayaran ulang langganan. Saat lulus, peserta dapat mengakses materi kelas tersebut tanpa batas. Dengan catatan selama kelas tersebut masih aktif tersedia di Dicoding.

Tipe Kelas Gratis

Semua jenis kelas gratis, tidak menyediakan sertifikat kelas dan tidak memiliki deadline belajar.

Contoh Kasus

  1. Misalkan Anda mengumpulkan submission di kelas tertentu pada hari Senin, dengan waktu belajar Anda tersisa 5 hari lagi. Kemudian reviewer selesai memeriksa submission Anda pada lusa di hari Rabunya, maka waktu belajar Anda akan tetap bersih yaitu 5 hari. Walaupun keterangan di halaman kelas, waktunya tetap berjalan.
  2. Saat Anda mengumpulkan submission akhir di kelas tertentu, waktu pembelajaran Anda tersisa 2 jam. Kemudian reviewer memeriksa submission Anda dalam waktu tepat 1 hari, maka:
    • Jika submission direject, waktu belajar saat ditolak tetap 2 jam (bukan 1 hari).
      • Jika Anda mengumpulkan revisi yang benar dan reviewer meluluskan submissionnya dalam tempo 2 jam, Anda lulus.
      • Jika tidak mengumpulkan revisi yang benar dalam tempo 2 jam, otomatis sistem akan men-dropout Anda dari kelas.
    • Jika submission Anda diterima pada saat deadline sudah lewat, Anda akan tetap lulus dari kelas tersebut.
  3. Anda mengumpulkan submission pertama, dengan sisa waktu belajar 2 jam, lalu submission direview dalam waktu kurang dari 1 hari, maka jika submission direject atau diterima maka tidak ada waktu belajar yang tersisa.
  4. Anda mengumpulkan submission pada sisa waktu belajar 2 hari dan 15 jam. Sebelum submission tersebut sempat di-review, Anda menyadari adanya kesalahan di dalamnya. Alhasil Anda pun melakukan resubmission (membatalkan yang sebelumnya dan mengirimkan submission yang baru) di saat sisa waktu pembelajaran 2 hari dan 1 jam. Deadline yang berlaku pun mengikuti sisa waktu saat Anda resubmit tersebut, yakni 2 hari dan 1 jam.
  5. Jika Anda mengumpulkan submission jam 12 siang, dengan sisa waktu belajar 2 hari lagi, karena ada yang perlu diperbaiki lalu Anda resubmit esok harinya jam 1 siang, waktu yang dikembalikan adalah sebanyak 1 hari 1 jam.

Bijaklah dalam mengatur waktu belajar dan submission. Selalu perhatikan sisa deadline yang Anda miliki dengan baik. Kami tidak menyarankan waktu submit submission terlalu dekat dengan waktu deadline Anda. Tentunya kami ingin Anda lulus dengan dengan baik dan tepat waktu.

Sebagai penyemangat, ingat bahwa saat telah lulus pun, Anda tetap dapat membuka seluruh materi beserta update-nya. Dengan catatan selama kelas tersebut masih aktif dibuka di Dicoding yah. Semangat!

Share this: